Keutamaan Taat dan Hormat kepada orang tua dan guru

A. Keutamaan Taat dan Hormat kepada orang tua
Taat kepada orang tua memiliki banyak keutamaan diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Taat dan hormat kepada orangtua merupakan salah satu kunci masuk surga. Allah Swt. akan membuka pintu surga bagi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.
Mencium tangan orang tua ketika hendak berangkat sekolah
2. Taat dan hormat kepada kedua orang tua merupakan bagian dari amal ibadah yang diridhoi Allah SWT.
2 Anak sedang membantu orang tuanya memasak

3. Taat dan berbakti kepada orangtua dapat melebur dosa-dosa besar. Dosa-dosa yang pernah dilakukan seorang anak akan mendapat ampunan dari Allah Swt. disebabkan ia berbakti kepada kedua orang tuanya, kecuali dosa syirik atau menyekutukan Allah SWT.
 
4. Dipanjangkan umur dan dimudahkan rizki.

 
 
B. Keutamaan Taat dan Hormat kepada guru
Hormat dan patuh kepada guru sangatlah ditekankan dalam agama Islam. Guru adalah orang yang mengajarkan kita dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan mendidik kita sehingga menjadi orang yang mengerti dan dewasa. Bahkan guru lah yang mengenalkan Allah SWT sebagai Tuhan kita dan Nabi Muhammad sebagai Rasul-Nya. guru pula yang mengajarkan kita tentang ajaran islam untuk keselamatan kita di dunia dan akherat.
Siswa mencium tangan guru sebagai tanda taat dan hormat kepada guru
Dengan menghormati seorang guru, kita akan mendapatkan berbagai macam keuntungan, antara lain sebagai berikut:
  1. Ilmu yang diperoleh akan menjadi manfaat dan berkah dalam kehidupan kita.
  2. Lebih mudah menerima pelajaran yang disampaikan.
  3. Ilmu yang diperoleh dari guru akan menjadi bermanfaat bagi orang lain.
  4. Selalu didoakan oleh guru.
  5. Membawa berkah, memudahkan urusan, serta dianugerahi nikmat yang lebih dari Allah Swt

Komentar

  1. 1)Ketika saya hendak berangkat sekolah saya selalu mencium kedua orang tua saya
    2)setelah saya sholat subuh kemudian
    belajar 30 menit supaya tambah pengetahuan.kemudian saya membantu ibu menyapu dan membersihkan kan ruangan.
    3)ketika saya bertemu dengan guru saya selalu cium tangan/menyapa guru saya.saya juga selalu mengerjakan tugas yang telah di berikan oleh guru"kalau tidak lupa.

    Sekian terimakasih maaf bila salahh🙏

    BalasHapus

Posting Komentar