Materi
MPLS Pembinaan Mental Agama Di Sekolah
SMP
NEGERI 3 PURWOHARJO
Pada usia remaja, ditinjau dari aspek
ideas and mental growth, kekritisan dalam merangkum pemikiran-pemikiran
keagamaan mulai muncul, kekritisan yang dimaksud bisa berupa kejenuhan atau
kebosanan dalam mengikuti uraian-uraian yang disampaikan guru Agama di sekolah
apalagi jika metodologi pengajaran yang disampaikan cenderung monoton dan
berbau indoktrinasi. Jadi mereka telah mulai menampilkan respon ketidak sukaan
terhadap materi keagamaan yang dipaketkan di sekolah. Sebenarnya akar
permasalahan yang timbul dari kekurang senangan remaja terhadap paket materi
pelajaran keagamaan di sekolah terletak pada minimnya motivasi untuk mendalami
agama secara lebih intens, yang lebih sederhana lagi ialah pelajaran agama yang
mereka dapat di sekolah kurang memberikan aplikasi dan solusi praktis dalam
keseharian mereka. Apalagi waktu mereka lebih banyak dihabiskan dengan nonton
teve, jalan-jalan ke mall, ngeceng, pacaran dan hal-hal lain meski banyak juga
remaja kita yang melakukan aktifitas positif seperti remaja mesjid,
berwiraswasta atau ikut organisasi eskul sekolah serta mengikuti kursus-kursus
keterampilan.
Jawaban dari permasalahan diatas adalah kembali pada sosok guru agama sebagai tauladan dan sumber konsentrasi remaja yang menjadi peserta didiknya. Mampukah ia menjadikan dirinya termasuk masalah materi serta metodologi yang dipergunakan sebagai referensi utama bagi peserta didiknya yang seluruhnya remaja itu dalam mengembangkan sikap keberagamaan yang tidak sekedar merasa memiliki agama (having religion) melainkan sampai kepada pemahaman agama sebagai comprehensive commitment dan driving integrating motive, yang mengatur seluruh kehidupan seseorang dan merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sehingga nantinya remaja-remaja tersebut merasakan ibadah sebagai perwujudan sikap keberagamaan intrinsik tersebut sama pentingnya atau malah lebih penting dibanding nonton teve, jalan-jalan, hura-hura dan lain sebagainya.
Satu hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan oleh para guru Agama di sekolah ialah materi pelajaran agama yang disampaikan di sekolah hendaknya selalu diorientasikan pada kepentingan remaja, seorang guru Agama harus bisa menanamkan keyakinan bahwa apa-apa yang ia sampaikan bukan demi kepentingan sekolah (kurikulum) atau kepentingan guru Agama melainkan demi kepentingan remaja itu sendiri. Karenanya pemahaman akan kondisi objektif kejiwaan remaja mutlak diperlukan oleh para guru Agama di sekolah. Seorang guru Agama harus senantiasa dekat dan akrab dengan permasalahan remaja yang menjadi peserta didiknya agar mampu menyelami sisi kejiwaan mereka. Dan materi pelajaran agamapun harus terkesan akrab dan kemunikatif, sehingga otomatis sistem pengajaran yang cenderung monolog (satu arah), indoktriner, terkesan sangar (karena hanya membicarakan halal haram) harus dihindari, untuk kemudian diganti dengan sistem pengajaran yang lebih menitik beratkan pada penghayatan dan kesadaran dari dalam diri. Hal ini mungkin saja dilakukan baik dengan mengajak peserta didik bersama-sama mengadakan ritual peribadatan (dalam rangka penghayatan makna ibadah) atau mengajak peserta didik terjun langsung ke dalam kehidupan masyarakat kecil sehingga mereka bisa mengamati langsung dan turut merasakan penderitaan yang dialami masyarakat marginal tersebut (sebagai upaya menanamkan rasa solidaritas sosial). Jadi intinya mereka tidak hanya mendengar atau mengetahui saja melainkan turut dilibatkan dalam permasalahan yang terdapat dalam materi pengajaran agama di sekolah.
Namun diatas semua itu yang paling
penting adalah keterpaduan unsur keluarga, lingkungan masyarakat, kebijakan
pemerintah disamping sekolah dalam rangka turut menanamkan semangat beragama
yang ideal (intrinsik) di kalangan para remaja. Karena tanpa kerjasama terkait
antar usur-unsur tersebut mustahil akan tercipta generasi muda (remaja) yang
berkualitas.
hadir
BalasHapus