PAI kelas 8 Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Saleh



 A.Mari Renungkan

           Ingatlah ,bahwa hidup di alam dunia hanya sementara, sedangkan kehidupan akhirat kekal selama-lamanya. Allah Swt.  memberikan  kesempatan kepada manusia untuk mempersiapkan bekal hidup di akhirat. Sungguh amat disayangkan jika kesempatan hidup di dunia ini tidak digunakan sebaik-baiknya.
           Janganlah kalin meremehkan amal saleh yang kelihatannya kecil dan sederhana seperti tersenyum saat bertemu dengan teman di sekolah. Sebab nilai amal terletak pada keikhlasannya bukan banyak sedikitnya. Sedangkan yang mengetahui kadar keikhlasan hanya Allah Swt. semata.
           Berbaik sangkalah kepada Allah Swt. bahwa Allah Swt.  akan selalu melindungi hamba-hambanya yang saleh.Sungguh buruk sangka adalah perilaku tercela yang harus kita hindari. Berbaik sangka akan menjadikan hidup kita tenang, nyaman, dan harmonis.


B. Dialog Islam
Simpulan:
     Kenapa kita harus tersenyum di depan teman -teman di sekolah ?
Sebenarnya manfaat tersenyum itu lebih banyak kembali kepada kita sendiri.Contoh dengan tersenyum maka suasana hati kita menjadi lebih baik dan positif.
      Masih banyak manfaat yang lain, yakni kita menjadi lebih baik kelihatan menarik. Senyum meningkatkan kekebalan tubuh.Dan yang pasti berpahala seperti sedekah.

C. Mutiara Khazanah Islam
         Ayat teesebut menegaskan bahwa seseungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali yang melakukan empat hal, yaitu :
(7)فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ
 Artinya :" Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.(7)Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula."(8) (Q. S az-Zalzalah/99:7-8)


    

1.Mari Memahami Amal Saleh
        Untuk mengetahui pengertian amal saleh,, perhatikan  firman Allah Swt.  dalam Q.S al-Ashr/103:2-3 berikut ini :


(2)إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ (3)وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ
          Artinya:"Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (2).kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran (3)."(Q. S. al- Ashr/103 :2-3)

1) beriman kepada Allah Swt. 
2) beramal saleh atau amal kebajikan 
3) saling menasehati untuk kebenaran 
4) saling menasehati untuk kesabaran 
          Kata amal salehberasalh dari kata "amilus",yaitu segala perbuatan yang bermanfaat bagi dirinya atau orang lain, dan sesuai dengan akal rasional,al-Qur'an serta as-Sunnah. Antara iman dan amal saleh merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Seorang yang beriman tanpa diikuti amal saleh, maka keimanannya tidak ada artinya. Sebaliknya, amal saleh tanpa didasari iman yang benar maka amalnya tidak ada nilainya di hadapan Allah Swt.Keimanan harys dibuktikan dengan amal saleh dan amal saleb harus dilandasi dengan keimanan yang benar. 
           Kebalikan dari amal saleh yaitu amal sayy'ah ,yaitu amal yang mendatangkan mudarat baik bagi pelakunya maupun orang lain. Setiap amal baik atau burukmeskipun sangat kecil tetap akan mendapat balasan yang adil dari Allah Swt.Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt.  dalam surat az-Zalzalah/99:7-8:

(8)وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ



Suatu amal sale akan sah jika memenuhi syarat sebagai berikut:
a.  Amal saleh dengan mengetahui ilmunya
b.  Amal saleh dikerjakan dengan niat ikhlas.     
c. Amal saleh itu hendaknya dilakukan sesuai.       dengan petunjuk al-Qur'an dan Hadis.

Jangan pernah kalian menghina dan meremehkan seseorang saat berbuat amal saleh karena tidak diukur dari seberapa banyak tetapi dari keikhlasannya. Memang yang paling baik adalah baik adalah beramal banyak serta ikhlas,dan dilakukan terus -menerus. Rasulullah Saw. pernah bersabda :
Artinya:" Dar Abu Dzar Jundub Bin Junadah r.a berkata :Nabi Saw.  berabda kepadaku :jangnlah sekali-kali kamu mencemooh perbuatan baik seberapa pun kecilnya,walaupun perbuatan baik itu hanya berupa penyambutan terhadap saudaramu dengan muka yang berseri-seri. "(H. R Muslim) 

Amal saleh ada tiga macam,yaitu:
a) Amal saleh terhadap Allah Swt. 
b) Amal saleh terhadap manusia
c) Amal saleh terhadap lingkungan alam

   Selain dari ketiga aml tersebut ada suatu amal kebajikan yang disebut amal jariyah. Amal jariyah yaitu perbuatan kebajikan yang dilakukan secara ikhlas dengan mengharapkan ridha Allah Swt.  dan mendatangkan pahala bagi pelakunya meskipun sudah meninggal. Rasulullah  saw. berabda :
Artinya :"dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berabda :"Apabila salah seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara ; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat baginya dan anak  shalih yang selalu mendoakannya."(H. R Muslim) saudaramu dengan muka yang berseri-seri "(H. R Muslim )

2.Manfaat Beramal Saleh
1) Diberi ampunan dan pahala besar oleh Allah  Hal ini sebagaimana firman Allah Swt  Swt. karena Allah Swt. dalam Q. S al-Maidah/5:yang artinya :"Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan yang beramal saleh, (bahwa) untuk mereka ampunan dan pahala yang besar."





2) Diberi tambahan petunjuk 
    Hal ini sesuai dengan  Q. S Maryam/19:76.         yang artinya :"Dan Allah akan menambah petunjuk kepada mereka yang telah mendapat petunjuk. Dan amal-amal saleh yang kekal itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik kesudahannya"
3) Diberi kehidupan yang baik dan layak 
     Hal ini sesuai dengan Q. S an-Nahl/16: 97 yang artinya :"Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."
4) Dihapuskan dosa-dosanya
     Hal ini sesuai dengan Q. S al-Ankabut/29:7 yang artinya : "Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan."
5) Dijauhkan dari kerugian di dunia dan akhirat.
  Hal ini sesuai dengan Q. S al-Asr/103:1-3 :"Demi masa.Sungguh, manusia berada dalam kerugian,kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran."

3.Berbaik Sangka 
   Berbaik sangka atatu Husnudzon merupakn perilaku terpuji yang harus dimiliki seorang muslim. Lwan dari husnudzon adalah su'udzon atau buruk sangka. Berburuk sangka merupakan perilaku tercela yang mendatangkan mudarat,baik bagi pelakunya maupun orang lain. Allah Swt. melarang berburuk sangka,sebagimana firman-Nya dalam Q. S.  al -Hujarat/49:12 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya :"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."(Q.S. al-Hujurat/49:12)

Rasulullah saw.  juga melarang berburuk sangka sebagaimana hadis berikut ini
Artinya :" Dari Abu Hurairah r. a bahwa Rasulullah saw.  bersabda:"Jauhilah prasangka buruk karena prasangka buruk adalah ucapan yang paling dusta. "(H. R.  Bukhari) 

Berbaik sangka ada tiga macam, yaitu
1) Berbaik sangka kepada Allah Swt. 
2) Berbaik kepada diri sendiri. 
3) Berbaik sangka kepada orang lain. 

4.Manfaat Baik Sangka
1) Hidup menjadi tenang dan.       optimis.
2) Yakin bahwa terdapat hikmah dibalik segala penderitaan dan kegagalan 
3) Membentuk pribadi yang tangguh
4) Menjadi seseorang teguh pendirian sebab tidak mudah menerima pengaruh buruk dari orang lain. 
5) Menjadi seorang kreatif 
6) Menyebabkan seseorang tidak mudah putus asa. 
7) Hubungan persahabatan dan persaudaraan menjadi lebih baik. 
8) Terhindar dari penyesalan dalam hubungan dengan sesama 
9) Selalu senang dan bahagia atas kebahagiaan orang lain. 

Komentar

  1. Pak kan ada orang, orang nya itu amal di masjid terus orang nya bicara ke orang-orang kalau dia itu habis amal di masjid, itu gimana pak?

    BalasHapus

Posting Komentar