RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Guru : Devy Eka
Angelica, S. Pd
Nama Sekolah : SMP Sepuluh
Nopember Sidoarjo
Email :
angelica13@guruinovatif.com
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/ Semester : 7/Genap
Topik : Sejarah Dakwah Nabi Muhammad saw. di
Mekkah
Tujuan Pembelajaran
1.
Murid
dapat menyusun timeline perjalanan dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekkah
2.
Murid
dapat menjelaskan kehidupan masyarakat Arab sebelum datangnya Islam
3.
Murid
dapat mengklasifikasi strategi dakwah Nabi Muhammad saw. secara
sembunyi-sembunyi dan terang-terangan
4.
Murid
dapat mengkorelasikan sifat Nabi Muhammad saw. selama dakwah di Mekkah dengan
kehidupan sehari-hari
5.
Murid
dapat menganalisis sebab Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah
Kegiatan Awal
1.
Guru
mengucapkan salam di Post pada Channel Kelas Microsoft Teams dan
menanyakan kabar
2.
Murid
mengisi absensi kehadiran yang diberikan guru berupa link berikut https://tinyurl.com/absenpai
3.
Guru
memberikan apersepsi tentang materi Sejarah Perjuangan Dakwah Nabi Muhammad
saw. di Mekkah
4.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang telah disepakati dengan murid sebelumnya.
Kegiatan Inti
1.
Murid
mengamati video pembelajaran tentang sejarah dakwah Nabi Muhammad saw. di
Mekkah di Youtube pada link sebagai berikut https://tinyurl.com/sejarahdakwahdimekkah
2.
Guru
mempersilahkan murid untuk bertanya di kolom komentar terkait video yang telah
dibagikan
3.
Murid
menyusun skema mind mapping/esai/voice notes terkait timeline perjalanan
dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekkah berdasarkan video sebelumnya yang telah
diamati lalu diunggah ke assignment yang telah diberikan guru di Kelas
Microsoft Teams.
4.
Guru
memberikan feedback dari assignment yang telah dikumpulkan murid
5.
Guru
mengadakan meeting di kelas Micorosoft Teams untuk memberikan penguatan
terkait materi Strategi Dakwah Nabi Muhamamad saw. di Mekkah dihubungan dengan
keadaan di masa pandemi saat ini. Meeting juga di rekam agar murid yang
terkendala jaringan dapat melihat siaran ulang dari rekaman tersebut
6.
Murid
mengunggah bentuk dakwah secara daring dengan tema “Tingkatkan Iman dan Ibadah
di Masa Pandemi” di media sosial (IG, Youtube, FB) masing-masing dengan
memberikan hashtag #belajarpaidaring #dakwahrasulullah #devyekaangelica
7.
Murid
mengerjakan kuis interaktif dari pembelajaran yang telah dilakukan pada link
berikut https://tinyurl.com/kuispai
Kegiatan Penutup
1.
Murid
memberikan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan
2.
Murid
melakukan refleksi terkait kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
3.
Guru
memberikan penguatan terkait materi dan motivasi agar murid semangat dalam
mengikuti pembelajaran
4.
Guru
menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam
Penilaian
1.
Formatif:
Tes formatif berupa kuis menggunakan Microsoft Forms
2.
Produk :
Hasil karya murid berupa skema mind mapping/esai/voice notes terkait
timeline perjalanan dakwah Nabi Muhammad saw. di Mekkah
3.
Proyek :
Dakwah murid secara online di media sosial
4.
Ketepatan
waktu dalam mengumpulkan tugas
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran PAI
Luluk Nuryanti, S. Si, M. Pd Devy
Eka Angelica, S. Pd
Komentar
Posting Komentar